Formulir SSP

Ada yang beranggapan di zaman online sekarang ini, pekerjaan tulis menulis dengan tangan tidak diperlukan. Dia lupa dengan sebagian besar masyarakat masih belum tersentuh atau tidak akrab dengan teknologi digital.
Salah satu contoh adalah mengisi formulir SSP (surat setoran pajak). Bagi mereka yang akrab dengan komputer, mengisi SSP akan lebih mudah dengan bantuan komputer dan di kerjakan dengan aplikasi MS Excel, Word, atau sejenisnya.
Tetapi untuk mereka yang tidak biasa kerja dengan komputer maka pilihannya adalah mengisi formulir dengan tulisan tangan atau mesin ketik.
Untuk mereka yang disebutkan terakhir, formulir tercetak yang belum diisi sangan dibutuhkan. Karena itu kantor pajak tetap menyediakan formulir. Foto diatas adalah salah satu persediaan formulir SSP di salah satu kantor pajak di Bandung.
Salaaam

Komentar

Lawni Tenisa mengatakan…
Salam kenal, Mas.

Menarik sekali tulisan Mas Suparman. Pajak bagi saya adalah materi yg sangat awam. Mohon dapat terus menginformasikan tentang pajak agar hal yg awam ini dapat dimengerti dengan mudah.

Terima kasih.

---
Lawni Tenisa

lawnitenisa@gmail.com
Ina mengatakan…
Yang sudah terbiasa dengan komputer juga dipaksa manual lagi. Coba perhatikan ada beberapa bank pemerintah yang menolak ssp yang dibuat dengan excel dan word...pokoknya harus carbonized.

Untuk itu bagi rekan-rekan yang tetap mau membuat ssp dengan komputer, ini ada program ssp 2009 versi 1.1 untuk membuat dan mencetak ssp 2009, baik yang carbonized maupun yang biasa.

Program ini gratis lho...

Ina

http://saledreams.wordpress.com
Anonim mengatakan…
sekedar sharing aplikasi SSP pake excel bikinan saya , http://norkuys.wordpress.com/2010/03/04/ssp3-release-bikin-ssp-dengan-macro-excel/
Anonim mengatakan…
komen musti pakek moderasi yah....

Postingan populer dari blog ini

Petunjuk dan Contoh PPh Pasal 21

Kartu NPWP Baru